Cara Menanam Pohon Dirumah Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Pohon Dirumah Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Pohon Dirumah Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanam Pohon Dirumah Dengan Baik Dan Benar

Kami akan memberitahukan kepada kamu cara menanam pohon dirumah dengan baik dan benar. Menanam pohon tidak bisa asal-asalan, jika salah langkah, bisa-bisa pohon itu tumbang. Jadi mari kita lihat caranya di bawah ini dan pastikan kamu membaca artikelnya sampai selesai ya!

1. Tentukan Jenis Pohon Yang Akan Ditanam

Pertama Anda bisa menentukan secara kasar jenis pohon apa yang akan Anda tanam, misalnya pohon hias atau pohon buah-buahan. Tentunya setiap spesies memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Kondisi tersebut meliputi asupan sinar matahari, tanah dan ruang yang tersedia untuk penanaman pohon.

Anda juga harus melakukan penelitian sederhana tentang seberapa tinggi dan tinggi pohon itu akan tumbuh.

2. Perhatikan Lokasi Penanaman

Setelah Anda menentukan jenis pohon yang ingin Anda tanam, jangan lupa untuk memperhatikan lokasi penanamannya. Usahakan untuk menghindari di dekat bangunan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika pohon tumbuh lebih tinggi nantinya.

Anda harus menyisakan ruang yang cukup untuk pohon agar cabang atau akar pohon tidak merusak bangunan di masa depan.

3. Jangan Menanam Di Tanah Basah

Jangan menggali tanah saat tanah basah. Menggali di tanah basah hanya merusak struktur dan bahkan mempersulit perkembangan akar. Anda bisa menunggu hingga kondisi tanah kembali normal.

4. Mulailah Menggali Tanah

Setelah Anda memutuskan lokasi untuk menanam pohon, mulailah menggali tanah dan perhatikan ukuran bola akar. Lubang yang digali harus dua atau tiga kali lebih lebar dari bola akar. Selain itu kedalaman penggalian juga harus disesuaikan dengan kedalaman bola akar.

Anda juga bisa menggunakan cangkul untuk menggali lalu mendiamkannya selama kurang lebih seminggu setelah penggalian selesai. Anda tidak dapat menanam pohon di lubang galian yang telah dibuat. Kenapa tidak langsung ditanam? Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tanah agar pohon yang Anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan benar.

5. Tanam bibit pohon

Langkah selanjutnya dalam menanam pohon adalah menanam bibit pohon yang telah disiapkan. Anda bisa mengeluarkan bibit dari polybag jika bibit menggunakan tray atau goni. Namun yang harus anda perhatikan adalah bola akarnya, usahakan agar bola akar tetap utuh dan tidak terpotong.

6. Luruskan Pohon

Pastikan untuk menyelaraskan pohon dengan memastikannya berada di tengah dan sejajar dengan lubang. Jika perlu, Anda bisa meminta orang lain untuk memastikan pohon terlihat lurus.

7. Isi Lubang Dengan Tanah

Setelah meletakkan benih pohon, Anda perlu mengisi lubang pohon dengan tanah. Tapi jangan menanam terlalu dalam. Menanam pohon terlalu dalam dapat mencegah pohon berkembang. Pastikan Anda merencanakannya dengan benar.

Inilah Pentingnya Cara Menanam Pohon Untuk Lingkungan Dirumah

Setelah mengetahui cara menanam pohon yang baik dan benar, Anda juga harus mengetahui tujuan menanam pohon. Seperti yang disebutkan MinCheck di atas, penanaman pohon tidak dilakukan secara gratis, melainkan untuk tujuan tertentu, seperti menjaga lingkungan. Lalu seberapa penting menanam pohon?

  • Beri oksigen

Manfaat yang dirasakan dari keberadaan pohon adalah menyediakan oksigen untuk bernafas. Daun hijau di pohon melakukan fotosintesis, yang sangat bermanfaat bagi manusia bahkan hewan. Dalam proses ini, tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen yang dibutuhkan manusia.

  • Mencegah banjir

Kehadiran pepohonan memungkinkan air meresap ke dalam tanah sehingga menambah cadangan air tanah. Penanaman pohon dapat mencegah banjir. Pohon dapat menahan kecepatan air dan erosi.

  • Menjadikan lingkungan lebih asri dan segar

Lingkungan yang dikelilingi pepohonan akan terasa sejuk dan segar. Hal ini bisa membuat Anda lebih santai, karena lingkungan yang indah membuat hati lebih tenang. Cobalah saat anda stress, anda bisa mencoba bermain di alam terbuka yang penuh dengan pepohonan, anda bisa menghilangkan stress anda sejenak.

  • Mengurangi polusi udara

Salah satu aspek terpenting dari menanam pohon adalah mengurangi polusi udara. Seperti yang Anda ketahui, polusi udara tidak dapat dihindari saat ini. Nah, menanam pohon merupakan tindakan nyata untuk mengurangi polusi udara.

  • Menjaga kesehatan mental

Berada di lingkungan yang dikelilingi pepohonan dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mental. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, kesehatan mental juga tidak kalah pentingnya. Seperti yang disebutkan MinCheck di atas, dekat dengan alam dapat menghilangkan stresnya.

  • Mengatur suhu

Selanjutnya, manfaat menanam pohon dapat mengatur suhu. Lingkungan tanpa pepohonan memiliki suhu yang seringkali lebih panas. Sedangkan lingkungan yang dikelilingi pepohonan menjadi lebih asri dan segar. Udara juga menjadi lebih sejuk. Anda merasakannya di lingkungan pegunungan yang penuh dengan pepohonan.

Memiliki pohon memiliki beberapa manfaat yang baik Jadi mari kita cintai lingkungan dengan menanam pohon. Mulailah dari diri sendiri dulu. Dengan menanam pohon, Anda memberikan kontribusi besar bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya.